Pengharapan Sandiaga Uno untuk Indonesia: Menjadi Tuan Rumah World Major Marathon

  • Bagikan
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno

Bisnisupdate.id – Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi tuan rumah event sport tourism, terutama maraton kelas dunia. Dia mengungkapkan impian untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu destinasi utama dalam World Major Marathon (WMM).

Sport tourism, yang merupakan wisata berbasis olahraga, merupakan segmen yang terus berkembang dalam industri pariwisata, terutama setelah pandemi. Sandiaga menyoroti bahwa beberapa kota di Indonesia, termasuk Bandung, memiliki potensi sebagai destinasi sport tourism, terutama karena telah menjadi tuan rumah berbagai event lari di dalam negeri.

“Dengan kondisi cuaca yang dimiliki Bandung, tempat ini menjadi trek lari yang sangat indah. Saya berharap agar event-event yang saat ini berskala nasional dapat ditingkatkan menjadi berskala internasional. Dengan begitu, kualitasnya pun dapat ditingkatkan,” ujar Sandiaga dalam pertemuan dengan media di Hutan Kota GBK, pada hari Minggu (26/5/2024).

Sandiaga menambahkan bahwa Indonesia saat ini telah menuju 20 besar destinasi wisata paling populer di dunia. Dia berharap bahwa dengan pencapaian ini, Indonesia akan semakin banyak menarik kunjungan wisatawan asing, termasuk dari segmen sport tourism.

“Dari enam maraton besar dunia, semuanya berada di atas kita, seperti Amerika, Jerman, Jepang, dan Inggris. Tantangan kita adalah bagaimana kita bisa masuk dan menjadi destinasi utama dalam World Major Marathon,” tambah Sandiaga.

Saat ini, ada enam kota di dunia yang memiliki gelar World Major Marathon: Tokyo Marathon, Boston Marathon, London Marathon, Berlin Marathon, Chicago Marathon, dan New York City Marathon. Acara ini merupakan salah satu maraton paling prestisius dan dicari di dunia, di mana atlet amatir dan elit berlomba sejauh 42 km melintasi beberapa jalan kota paling terkenal di dunia.

-JD

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *